-->

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran Matematika berbantuan Google Maps

 Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

Latar belakang masalah dari praktek pembelajaran ini adalah :

  1. Pada saat guru menjelaskan konsep Jarak, Waktu dan Kecepatan, peserta didik kesulitan memahami konsep tersebut, ini disebabkan karena materi yang disampaikan bersifat abstrak sehingga peserta didik hanya bisa membayangkan konsepnya saja.
  2. Peserta didik kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan tentang materi Jarak, Kecepatan, dan Waktu.
  3. Peserta didik tertarik dengan hal-hal baru yang mereka temui, terutama hal-hal mengenai IT. Khususnya di kelas saya, anak-anak sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan internet.

Dari ketiga poin tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa :

Pertama, selama ini materi matematika hanya disampaikan secara abstrak sehingga membuat peserta didik menjadi bosan dalam pembelajaran ditambah dengan adanya anggapan bahwa matematika itu adalah pelajaran yang sulit, sehingga sangat berpengaruh pada pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang diharapkan.

Kedua, pada saat peserta didik mengerjakan soal yang diberikan tentang materi Jarak, Kecepatan dan Waktu, peserta didik terlihat kesulitan dalam mengerjakannya. Hal ini dikarenakan peserta didik tidak paham dengan konsep awal yang diberikan secara abstrak dan pembelajaran yang dilakukan tidak bermakna bagi peserta didik.

Ketiga, peserta didik di kelas saya khususnya sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan perangkat IT dan internet. Dari dasar ini, penulis merasa tertantang untuk menghadirkan media yang dapat memenuhi keinginan peserta didik.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan khususnya penggunaan Media Google Maps karena saya kira masih banyak guru yang mengalami permasalahan seperti yang saya alami, sehingga dengan adanya praktik ini diharapkan dapat memotivasi khususnya bagi diri saya sendiri dan umumnya bagi rekan-rekan guru, selain itu juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lainnya untuk berbuat yang terbaik bagi peserta didiknya.

Untuk melengkapi informasi yang telah disampaikan, saya berikan link untuk mengakses RPP dan media yang telah saya buat :

Link RPP Matematika Materi Kecepatan, Jarak dan Waktu :

https://drive.google.com/file/d/1m4ppsufhqz8q827RZ-9o5k8Fr_m1tMYx/view?usp=sharing

Link Media Materi Kecepatan, Jarak dan Waktu :

https://docs.google.com/presentation/d/1nQlbr-khR0_RJ4hWLr9IOv4NDodt2xQn/edit?usp=sharing&ouid=109004392062921882061&rtpof=true&sd=true

0 Response to "Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran Matematika berbantuan Google Maps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel